Makassar, Lentera, Warga | Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) bidang Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Prof. Dr. H. Hery Tahir, MH., hari ini Rabu (11/12/2021) lakukan monitoring langsung ke lapangan dengan mengunjungi tiga SMK BLUD yakni SMKN 4 Makassar, SMKN 8 Makassar dan SMKN 9 Makassar.

Dalam kunjungannya ke SMKN 9 Makassar, Prof. Hery yang hadir dan didampingi oleh staf TGUPP Muh. Ihsan Hasan dan staf Bidang PSMK Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Andi Resni mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung perkembangan pelaksanaan kegiatan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di SMK-SMK berstatus BLUD di Sulawesi Selatan, apakah berjalan sesuai dengan harapan atau ada kendala yang dihadapi, kami inventarisir dan selanjutnya akan langsung kami laporkan kepada Bapak Gubernur Sulawesi Selatan.

See also  Kasus Korupsi Dinas PUPR Selayar Jatuh Vonis, Ince Iskadar 1 Tahun 6 Bulan dan Faisal 2 Tahun Penjara

Lebih jauh Prof. Hery mengatakan bahwa saya awalnya menyangka BLUD SMKN 9 Makassar itu hanya mengunggulkan layanan Kapal Latihnya saja, ternyata setelah saya mengunjungi langsung sekolah ini, ada banyak potensi-potensi layanan yang patut diapresiasi serta didukung oleh Pemerintah Provinsi, diantaranya tambak ikan dan udang yang luasnya sekitar 2 HA, kolam ikan, pengolahan pakan ikan dan yang paling luar biasa adalah produk Bakpia Salapang yang bahan utamanya dari ikan tuna ini rasanya sangat gurih, berbeda dengan bakpia-bakpia diluaran sana yang rasanya manis, disamping itu Brownies Rumput Laut Salapang yang rasanya lembut dan lezat tidak kalah dengan produk brownies yang banyak beredar di pasaran. Ini saya lihat langsung proses produksi oleh siswa-siswi SMKN 9 Makassar serta mencoba kelezatan Brownies dan Bakpia Salapang yang masih panas, di ruang Unit Produksi Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan BLUD SMKN 9 Makassar. Ini sangat layak untuk menjadi ole-ole atau buah tangan, tegasnya.

See also  Antisipasi Kemacetan Arus Lalin, Unit Lantas Polsek Tamalanrea Gelar Pengaturan Rutin

Selanjutnya kepala SMKN 9 Makassar, Muhiding mengatakan bahwa ada banyak produk olahan ikan yang menjadi unggulan BLUD SMKN 9 Makassar diantaranya Abon ikan tuna Salapang, Nugget ikan tuna Salapang, Bakso Ikan Tuna Salapang, Tuna Skin Cracker’s, Terasi Ebi Milenial, Kerupuk Kaktus Salapang, Kerupuk Rambak Salapang, Kaldu Udang Salapang, dan Es krim rumput laut Salapang, hanya saja masih diolah dengan peralatan manual sehingga dari segi kapasitas produksi masih sangat sedikit dan terbatas, disamping itu belum ada yang memiliki ijin baik dari Balai POM maupun label Halal MUI, sehingga dalam pemasarannya masih terkendala, padahal dari segi cita rasa dan originalitas produk-produk olahan ini sangat digemari oleh masyarakat.

See also  Kacabdisdik Wilayah V 'Tantang' Guru SMAN 5 Bulukumba Buat Program Berpihak Kepada Siswa di RKAS 2022

Menanggapi hal tersebut, Prof. Hery mengatakan bahwa ini merupakan tantangan bagi Pimpinan BLUD, utamanya dalam pengurusan ijin produksi, yang pasti kami dari Tim TGUPP yang melihat langsung kegiatan layanan-layanan yang ada di BLUD SMKN 9 Makassar, sangat mensupport dan ini akan kami laporkan secara langsung ke Bapak Gubernur Sulawesi Selatan, kuncinya.

Andi Firman Batara