MAKASSAR BANGKIT.COM | KEPULAUAN SELAYAR
Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Selayar yang dinakhodai Ajung Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH, S.Ik, MM, M.Ik pada puncak peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia (HAKORDIA) tahun 2021 telah memperoleh penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) yang dipimpin langsung oleh Ketua KPK, Komisaris Jenderal Polisi (Komjen) Pol Firli Bahuri, M.Si di Gedung Merah Putih Jakarta, Kamis (09/12/21) siang tadi. Peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia yang jatuh pada 09 Desember hari ini dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh seluruh Gubernur, Kapolda, Kajati, Bupati/Walikota, Kajari dan pejabat penting se Indonesia yang dimulai sejak pukul 10.00 – 13.00 Wita serta disaksikan langsung oleh Presiden RI, Ir H Joko Widodo.
           
Salah satu tujuan dari peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melawan dan memerangi tindakan kejahatan korupsi. Untuk tahun 2021 ini, Hari Anti Korupsi se-Dunia telah mengusung thema “Satu Padu Bangun Budaya Anti Korupsi.” Korupsi adalah merupakan tindakan kejahatan luar biasa dan merupakan musuh bersama rakyat Indonesia.
         
Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra dengan didampingi Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim), Iptu Acang Suryana, SH dan Kepala Unit Tindak Pidana Korupsi (Kanit Tipikor) Ipda Suhardiman, SH, M.Si siang tadi telah mengikuti secara virtual Peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia diruang Vicon Polres Kepulauan Selayar Jl Robert Wolter Mongisidi Benteng. 
         
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komjen Pol Firli Bahuri, M.Si dalam sambutannya mengajak seluruh pejabat eksekutif dan yudikatif serta elemen dan komponen masyarakat Indonesia untuk bersama-sama melawan dan memerangi korupsi yang menjadi sebuah bentuk kejahatan yang luar biasa serta menjadi salah satu faktor penghalang pembangunan di Indonesia. 
       
Melalui kesempatan ini, Ketua KPK Firli Bahuri telah menyerahkan penghargaan dalam penyelesaian perkara tindak pidana terbanyak kepada sejumlah Polda dan Polres se-Indonesia. Dan salah satunya adalah Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Selayar yang menempati peringkat ke 5 di Indonesia. 
         
Kepolisian Daerah (Polda) sebagai penerima penghargaan pada Hari Anti Korupsi se-Dunia hari ini adalah Kapolda Sumatera Utara, Kapolda Papua yang sempat hadir langsung di Gedung Merah Putih KPK, Kapolda Sulawesi Selatan dan Kapolda Kalimantan Barat. Sedangkan Kapolres yang menerima penghargaan yang serupa masing-masing, Kapolres Maluku Tengah, Kapolres Bulukumba, Kapolres Kepulauan Selayar dan Kapolres Merauke.
Penganugerahan penghargaan ini merupakan salah satu bukti nyata bahwa kasus korupsi yang ditangani Polres Kepulauan Selayar dinilai sangat luar biasa dalam proses penyelesaian atau P21. Dan ini adalah kerja keras yang dilakukan secara bahu membahu oleh Kasat Reskrim, Iptu Acang Suryana, SH dan Kanit Tipikor, Ipda Suhardiman, SH, M.Si dibawah komando, petunjuk, arahan dan bimbingan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres), AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH, S.Ik, MM, M.Ik.
Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Kepulauan Selayar, Iptu Acang Suryana, SH menegaskan usai mengikuti Peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia secara virtual bahwa kedepan dalam penanganan tindak pidana korupsi mesti harus dibarengi dengan peningkatan pendidikan dalam melakukan upaya pencegahan penindakan diantaranya, prilaku budaya anti korupsi harus ditanamkan sejak dini kepada para pelajar hingga mahasiswa. Selain itu, untuk melakukan upaya pencegahan perlu membangun sistem informasi yang berbasis teknologi secara cepat dan tepat guna.
Penindakan terhadap perbuatan kejahatan korupsi harus dan mesti dilakukan untuk memberikan efek terhadap para pelaku korupsi atau kepada orang-orang yang akan melakukan korupsi. Ini mesti dilakukan dengan harapan kedepan dalam peringatan yang sama Polres Kepulauan Selayar minimal bisa mempertahankan penghargaan ini atau paling tidak dapat ditingkatkan untuk memperoleh peringkat yang lebih tinggi.”  ungkapnya kepada media ini. 
Penulis : DSJ
Editor.   : AB
See also  Kembali Dari Tanah Suci Makkah, Gubernur Aktifkan Gerakan SulSel Anti Mager dengan Tema " BerAkhlak