MAKASSAR BANGKIT – MERANTI – Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil mengajak seluruh wartawan di wilayahnya untuk bersinergi bersama pemerintah kabupaten dalam membangun daerah. Untuk itu, pemberitaan positif sangat diharapkan dalam membentuk opini publik terhadap kabupaten paling bungsu di Provinsi Riau itu.

“Kami berharap MOI dapat membantu pemerintah dan menjadi rekan yang baik. Wartawan itu kerjanya bukan hanya mengkritik saja tapi juga ikut membangun daerah agar bisa maju dan berkembang,” kata Bupati Adil saat menghadiri Pengukuhan Pengurus DPC Media Online Indonesia (MOI) Kabupaten Kepulauan Meranti Periode 2021-2024 dan Seminar Pers -Jurnalistik di Ballroom Afifa Jalan Banglas Selatpanjang, Jumat (17/12/2022).

See also  Polres Bone Disinyalir Tak Serius Tuntaskan Laporan Kasus BPNT

Menurutnya, peran media online dan wartawan mempunyai pengaruh penting dalam upaya mendidik masyarakat. Oleh karenanya, produk jurnalistik yang dihasilkan harus berkualitas, aktual dan berimbang.

“Kalau suatu daerah mendapatkan pemberitaan yang positif maka akan terbentuk kondusifitas. Dengan begitu orang-orang akan datang dan tertarik untuk berinvestasi. Maka perputaran ekonomi masyarakat pasti akan meningkat pula,” sebut Adil.

Mantan Anggota DPRD Provinsi Riau itu juga berpesan kepada insan pers di Kepulauan Meranti untuk menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dalam menjalankan tugas profesinya. “Jangan salah gunakan profesi anda sebagai wartawan,” ajak Bupati.

Ketua DPP MOI, Rudi Sembiring menyampaikan ucapan terimakasih kepada bupati dan unsur Forkopimda Kabupaten Kepulauan Meranti yang telah memberikan dukungan dan binaan kepada DPC MOI Meranti.

See also  Bantuan 8 Ekor Ternak Sapi "UPPO" Poktan Sinar Batang Desa Pao Kabupaten Jeneponto, Diduga Tidak Sesuai RUKK

“Sebagai organisasi pemilik media sudah seharusnya MOI bergandengan tangan dan ikut membantu Pemda dalam membangun daerah,” ujar Rudi.

Dia juga menyinggung program Pemkab Kepulauan Meranti dalam membangun daerah yang dinilainya akan cukup bagus jika berhasil dilaksanakan dengan maksimal.

“Saya menilai program bupati, sudah cukup kreatif dan strategis. MOI Meranti harus mendukung program daerah dengan tidak meninggalkan fungsi pers. Jaga kekompakan dan terus berkarya,” ajak mantan Anggota DPRD Kota Batam itu.

Sementara itu dalam laporannya, Ketua Pelaksana sekaligus Sekretaris DPC MOI Kepulauan Meranti, Edi S. Hasibuan menyampaikan pengukuhan pengurus tersebut sempat beberapa kali diundur karena pandemi Covid19.

“Dapat kami sampaikan bahwa MOI ini adalah organisasi pemilik media dan bukan organisasi profesi. Terimakasih kami kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan hari ini,” ujar Edi.

See also  UPT SMK Negeri 2 Jeneponto, Gelar Serimoni Upacara Terakhir Bagi Siswa Angk XVI

Dalam kegiatan tersebut juga diisi seminar pers dan jurnalistik dengan narasumber El Panggabean, tokoh pers Riau. Adapun susunan pengurus MOI Kepulauan Meranti yang baru dikukuhkan itu, posisi ketua dijabat oleh Defrianto, sekretaris Edi S. Hasibuan dan bendahara dijabat oleh Andi Kurniawan. (humas).