MAKASSARBANGKIT.COM – Dalam rangka menyambut dan menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Sinergi, Energi, dan Resonansi ( SER ) Ramadhan yang dibuka pada hari ini oleh Sekretaris Disdik SulSel, Drs.Harpansa.,MM didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdik SulSel, Asqar, SE.,MM dan Kabid Pembinaan SMK, Dra.Hj.Andi Ernawati, M.Pd yang dapat diikuti melalui virtual Meeting (Luring dan Darin) Senin (18/04/2022) bertempat di Gedung Guru Jusuf Kalla Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Jl.Perintis Kemerdekaan Km.10 Tamalanrea Makassar.

Adapun rangkaian kegiatan SER Ramadhan Disdik SulSel antaralain Pencanangan Gerakan Siswa Wajib Menghafal Juz 30 atau Juz Amma oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Talk Show Pemberantasan Buta Aksara AlQur’an, orientasi penyusunan kurikulum lokal agama, Pelita (Pesantren Literasi Ramadhan online, akselerasi pembelajaran pemahaman AlQur’an 6 In 1dan Pondok Pesantren Ramadhan.

See also  Akselarasi Satu Standar Pendidikan di Sulsel, Gubernur Andi Sudirman Hadirkan Smart School

Talkshow Pemberantasan Buta Aksara AlQur’an menghadirkan Narasumber antaralain Tim TGUPP SulSel, Prof.Dr.Heri Tahir, SH.,MH, Guru Besar UNM, Prof.Dr.Hamzah Upu.,M.Ed, Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof.Dr.Hamdan Juhannis, MA,Ph.D, Wakil Ketua Umum MUI SulSel, Prof.Dr.H.M.Galib.,MA, Wakil Dekan Fisip Unhas, Dr.Hasrullah, M.Si, BKPRMI Makassar, Muhammad Khaerul, dan Biro Kesra Prov.SulSel.

Sedangkan untuk orientasi penyusunan kurikulum lokal agama, narasumber Kanwil Agama Prov.SulSel dan Ketua Majelis Dikdasmen DPW Muhammadiyah Sulawesi Selatan.

Salah satu Narasumber Talkshow Pemberantasan Buta Aksara AlQur’an, Prof.Dr.Hamzah Upu, M.Ed dalam penyampaiannya mewarning para guru agama bahwa bila ada siswa yang beragama islam, lulus dan tamat tidak tau baca AlQur’an, dia akan di beri sanksi dan menanggung dosanya bersama guru agama.

See also  Dispora Selayar Ngaku Bernafas Lega Setelah Dugaan Pungli dan Mark Up Tak Tergubris

Hal ini tentunya akan menjadi peringatan bagi para guru agama khususnya di tingkat SMA, SMK dan SLB agar lebih serius dan aktif dalam melakukan pembinaan pada siswa di sekolah dalam hal pemahaman tentang baca tulis AlQur’an, agar siswa yang beragama Islam bisa terbebas dari Buta Aksara AlQur’an.

Kegiatan SER Ramadhan mengandung makna bahwasanya Bulan Suci Ramadhan adalah momen yang mulia, dimana setiap umat Muslim diberikan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperbaiki kualitas ketagwaan kepada-Nya.

Suguhan Kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah semangat untuk berubah dengan lebih bermakna serta berilmu.

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wil. I dan II, seluruh Kepala UPT satuan pendidikan SMAN,SMKN, SLBN Makassar dan Gowa, Guru Pendidikan Agama Islam pada satuan pendidikan SMA,SMK dan SLB Negeri dan Swasta dalam Wilayah Cabdis I dan II Makassar dan Gowa. Berlangsung tertib dengan mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan COVID-19.

See also  Polsek Tamalanrea Sampaikan Imbauan Kamtibmas Jelang Natal dan Tahun Baru