Makassar Bangkit – KEPULAUAN SELAYAR. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, ST tiba di Bandar Udara H Aroeppala Padang Selayar Sulawesi Selatan tepat pukul 11.15 Wita, Minggu (19/12/21) siang dengan menggunakan pesawat helikopter Super Puma TNI Angkatan Udara dengan pilot Kapten Irfani. Ia didampingi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Nana Sudjana dan Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Mochamad Syafei Kasno, SH MH serta Pengawal Pribadi (Walpri) Gubernur, Andi Rusli.

Pesawat Helikopter yang ditumpanginya lepas landas di Bandara Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Sultan Hasanuddin Kabupaten Maros sekitar jam 08.30 Wita. Setiba di Bandara H Aroeppala Padang, Bupati Kepulauan Selayar, H Muh Basli Ali dan Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jarwansyah langsung menuju Halikopter untuk kemudian melanjutkan penerbangan ke salah satu wilayah kecamatan yang terdampak bencana gempa bumi yaitu Kecamatan Pasi’marannu di Pulau Bonerate.

See also  Safari Jumat Perdana, Kapolsek Tamalanrea di Mesjid Nurul Istiqamah BTP

Andi Sudirman Sulaiman bersama rombongan akan mengunjungi Pulau Bonerate wilayah Kecamatan Pasi’marannu yang terdampak parah akibat gempa bumi berkekuatan 7,4 Magnitudo yang mengguncang Laut Flores di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (14/12/21) menjelang siang. Dalam kunjungan ini, Plt Gubernur Sulsel akan bertemu dan bertatap muka langsung dengan korban bencana gempa di Pulau Bonerate sekaligus membawa bantuan kedaruratan yang akan disalurkan bagi korban gempa.

Kehadiran Andi Sudirman Sulaiman di Pulau Bonerate adalah sebagai salah satu bentuk perhatian dan kepedulian Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan akan daerah yang lebih dikenal Bumi Tanadoang Selayar. Jauh hari sebelumnya, beliau telah menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk memberikan pemenuhan bantuan logistik bagi korban gempa bumi di Kabupaten Kepulauan Selayar.

See also  Pemuda Pancasila Sinjai Selatan Minta Para Kades Perkuat Sinergitas Dan Majukan Desanya

“Alhamdulillah kita telah tiba di Bandara H Aroeppala Padang Selayar dalam kondisi diguyur hujan. Kita berharap perjalanan yang masih panjang untuk menuju ke lokasi dan korban bencana dapat berjalan lancar sehingga bisa ketemu langsung dengan masyarakat yang terdampak bencana gempa disana.” Andi Sudirman Sulaiman ungkapkan saat pesawat yang ditumpanginya mendarat di Bandara.

Sekedar diketahui bahwa akibat gempa yang berkekuatan 7,4 Magnitudo dikedalaman 10 km di Larantuka – Meumere NTT pada lima hari lalu telah memporak – porandakan sedikitnya 883 rumah warga di Kecamatan Pasi’lambena dan Pasi’marannu serta sejumlah fasilitas umum berupa sekolah, tempat ibadah, dermaga dan infrastruktur jalan poros dari ibukota Kecamatan Pasi’lambena, Latokdok – Barumbung di Desa Kalao Toa.

See also  Himbauan Plt Gubernur : Perbanyak Latih Tanding Antar Siswa di Sekolah

Tercatat ada 4 kecamatan yang terdampak getaran gempa bumi yakni Kecamatan Pasi’lambena dan Pasi’marannu yang terparah sedangkan Kecamatan Taka Bonerate dan Pasi’masunggu di Pulau Jampea hanya beberapa rumah yang mengalami kerusakan ringan. Perlu juga diketahui bahwa sebelumnya Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kepulauan Selayar, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH, S.Ik, MM, M.Ik bersama Komando Distrik Militer (Dandim) 1415 Selayar, Letnan Kolonel (Letkol) Kav Adi Priatna sudah mendahului ke lokasi bencana dengan menggunakan Speedboat Hercules milik Ayong Robert yang sekaligus pemilik speedboat.

 

Penulis : DSJ

Editor.   : AB