MAKASSARBANGKIT.COM – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan berlangsung sukses dan semarak yang
dipusatkan di halaman Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jl. Sungai Tangka Makassar, Jumat (13/5 2022).

Pelaksanaan upacara Peringatan Hardiknas dihadiri berbagai komponen pendidikan dan lintas sektoral dan unsur Forkopimda (forum komunikasi pimpinan daerah) Sulsel. Nampak hadir para pejabat eselon III dan IV Disdik Sulsel, para Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I – XII dan sejumlah kepala UPT SMA, SMK dan SLB se Sulsel.

Untuk pertama kalinya pelaksanaan Hardiknas dilakukan secara luring sejak pandemic diakui memberi dampak besar bagi kemajuan Pendidikan, khususnya di Sulawesi Selatan.

Gubernur Sulawesi Selatan, yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Muhammad Aslan Patonangi membacakan sambutan seragam Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengungkapkan, moment peringatan Hardiknas kali ini menjadi awal dari upaya mempertahankan transformasi Pendidikan tetap bergerak cepat. Dan juga menjadi bukti ketangguhan seluruh komponen Pendidikan tetap berdiri menghadapi tantangan serta berani di garis depan memimpin pemulihan dan kebangkitan di tengah pusaran pandemic melalui kurikulum Merdeka Belajar.

See also  Usut Tuntas Dugaan Korupsi Plt Kadis PUPR Labuhan Batu

Upacara dimulai tepat pukul 07.30 Wita diawali dengan bunyi sirene disertai dengan pembacaan Refleksi Hardiknas; Sudahkah Kita Cerdas, Mencerdaskan Sulsel? Oleh Armin Amri, SPd.MPd.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr Setiawan Aswad, M. Dev. plg mengatakan, selaras dengan program pemerintah, kurikulum merdeka belajar diharapkan seluruh komponen pendidikan tetap semangat untuk melahirkan ide dan gagasan kreatif, inovatif dalam rangka mencerdaskan bangsa, khususnya di Sulsel.

“Insya Allah, momen Hardiknas tahun ini kita bisa berkolaborasi dalam meningkatkan layanan pendidikan pasca berada di tengah pusaran covid. Bekerja setulus hati dan tumbuh bersama melalui Sinergi, Energi dan Resonansi mencerdaskan Sulsel,” tutur Setiawan.

Setiawan Aswad mengucapkan syukur dan bangga atas keberhasilan panitia melaksanakan peringatan Hardiknas yang pertama kali dilaksanakan secara terintegrasi dengan sejumlah Lembaga seperti Kemenag SUlsel, LMPM, Balai Bahasa, BP PAUDNI dan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi.

See also  BAK, Hindari Hate Speech, Perkuat Melek Literasi, BAK di Seminar Literasi Digital

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama panitia pelaksana dan pendukung acara ini hingga sukses,” ujar Setiawan.

Dan secara khusus, mantan Sekretaris Disdik Sulsel ini juga mengucapkan banyak terima kasih kepada siswa SMAN 21 Makassar sebagai pasukan pengibar bendera, siswa SMAS Rajawali Makassar sebagai paduan suara, dan taruna-taruni mahasiswa PIP Makassar sebagai pasukan Korps Musik. # muasri