MAKASSAR – Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi ( BPPMPV KPTK) menggelar lokakarya dan pameran produk SMKN Kemaritiman dan Perikanan se – Indonesia yang di pusatkan di kantor BPPMPV KPTK Gowa Jl.Diklat No.30 Dusun Tambung Desa Paccelekang, Kec.Paccelekang Gowa, Jumat (18/03/2022).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Wikan Sakarianto,ST.,M.Sc.,Ph.D. Sejumlah SMKN dari berbagai provinsi di Indonesia mendapat kesempatan untuk dapat menampilkan produk produk kreatif hasil pembelajaran yang dilaksanakan di SMK masing masing, salahsatunya SMKN 9 Makassar.

SMKN 9 Makassar, pada kesempatan ini turut menampilkan beberapa produk unggulannya antara lain :

1. Minuman Kekinian SALAPANG (cita rasa: Thai Tea dan Cappucino) yang
menggunakan boba dari bahan rumput laut
2. Brownies Rumput Laut SALAPANG
3. Bakpia Ikan Tuna SALAPANG

See also  Kejaksaan Negeri Selayar Salurkan Bantuan Logistik, Untuk Keluarga Alfin di Kolo-Kolo

Dirjen Vokasi, bapak Wikan Sakarianto turut mencicipi minuman boba rumput laut, salahsatu produk unggulan SMKN 9 Makassar, dan menyampaikan rasa senang serta bangga karena siswa sudah lebih kreatif dan berharap mereka kelak bisa berwirausaha.

Muthahharah Muchtar, Gr.,S.Pi.,M.Si sebagai guru APHPI sekaligus pembimbing produk unggulan SMKN 9 Makassar mengatakan bahwa siswa jurusan APHPI SMKN 9 Makassar, memang dibimbing untuk menjadi seorang wirausaha dan salahsatu usahanya yaitu dengan membuka kedai pada SMKN 9 Makassar untuk memasarkan produk yang merupakan implementasi dari pelaksanaan BLUD dan salahsatu program Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman untuk SMK di Sulawesi Selatan.

Sementara itu Kepala UPT SMKN 9 Makassar, Drs.Muhiding.,M.Si melalui lokakarya ini mewakili SMKN di Sulawesi Selatan menyampaikan bahwa SMK Kemaritiman di Sulawesi Selatan, masih terkendala pada masalah susahnya mencari mitra industri yang real, demikianpula anak anak yang masuk di sekolah perikanan nantinya tidak diterima di sekolah lain, dan ini menjadi regulasi tiap tahunnya yang menyulitkan bagi SMK Kemaritiman dengan harapan semoga dengan bantuan Dirjen Vokasi, bapak Wikan Sakarianto dapat membantu pengembangan SMKN di Sulawesi Selatan khususnya SMKN 9 Makassar, “Ungkap Muhiding.( Andi.Firman Batara)

See also  Kejari Selayar Terima Tersangka dan Barang Bukti Berkas Perkara Tunggal Jumrawati