MAKASSARBANGKIT.COM – BULUKUMBA – Mengawali Tahun Anggaran 2022 seluruh satuan pendidikan (SMA, SMK, dan SLB, red) di wilayah kerja Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah V Bantaeng – Bulukumba ramai-ramai menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Hal sama juga dilakukan SMAN 5 (Kajang) Bulukumba di bawah Sang Nakhoda Drs Ilham Syah, M.Pd sebagai Kepala UPT Satuan Pendidikan, Sabtu lalu (19/2/2022) yang menghadirkan seluruh guru, pegawai, dan perwakilan siswa pada kegiatan Pemaparan RKAS SMAN 5 Bulukumba Tahun Anggaran 2022.

Kegiatan Pemaparan RKAS SMAN 5 Bulukumba ini juga menghadirkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah V, Haris, S.Kom, MM, Pengawas Pembina Hj Rosmaya Umar, S.Pd, M.Pd, Pengurus Komite Sekolah H Zaenal dan H Mursalin.

See also  Kepala Dinas PUTR Sulsel Harus Tegas Terkait Tim Pengelola Teknis. L-KONTAK : Produk Dinas Perkimtan Sulsel Bisa Ilegal

Pada kesempatan itu, Haris yang sudah 1 tahun lebih menjadi Kacabdisdik di Wilayah V ini, ‘menantang’ seluruh guru, pegawai dan perwakilan organisasi siswa SMAN 5 Bulukumba untuk memasukkan program kegiatan di RKAS Tahun Anggaran 2022 yang berpihak kepada siswa.

RKAS yang berpihak kepada siswa yang dimaksudkan Kacabdisdik Wilayah V ini adalah juga sebagai bentuk tindaklanjut dari Himbauan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang menginginkan kegiatan-kegiatan siswa diperbanyak dan dimasifkan.

Seperti kegiatan-kegiatan lomba mata pelajaran, olahraga, seni, dan keagamaan antar siswa. Selain itu Pak Plt Gubernur, katanya, juga menghimbau agar di sekolah-sekolah memperbanyak praktik-praktik untuk siswa dibandingkan teori. Makanya kata Beliau, kepala sekolah harus membelikan alat-alat praktik untuk siswa dengan menggunakan dana BOS yang ada.

See also  Beasiswa Kurang Mampu Tidak jelas, HPMB Minta Pemda Alokasikan Dana

“Keberadaan alat praktik ini sangat penting, agar siswa-siswi kita ada sarana untuk melakukan praktik di sekolah. Jangan teori melulu yang disajikan kepada siswa tetapi praktik yang diperbanyak termasuk memperbanyak dan membiasakan siswa ikut latih-tanding antar siswa,” ucap Haris yang berlatarbelakang Pewarta ini.

Di akhir sambutannya, Haris di hadapan seluruh guru, pegawai, dan perwakilan siswa meminta kepada Kepsek dan seluruh warga SMAN 5 Bulukumba agar tetap bersemangat dalam menimdaklanjuti seluruh program prioritas Plt Gubernur seperti literasi kitab suci Alqur’an, gerakan tanam pohon, dan selalu memperhatikan kebesihan lingkungan sekolah, terutama kebersihan mushalla dan toilet sekolah.

Sementara Kepala UPT SMAN 5 Bulukumba, Ilham Syah pada kesempatan itu berharap, mudah-mudahan melalui kegiatan ini tersusun suatu rencana kegiatan sekolah yang efektif, efisien, dan transparan, dan bisa menjalankannya dengan sebaik-baiknya.

See also  Kapolda Sulsel dan Pangdam XIV Hasanuddin Serahkan Paket Sembako di Bonerate

“Kami berharap kepada teman-teman guru, pegawai, dan perwakilan siswa agar memasukan dan merencanakan program-program kegiatan yang berpihak kepada siswa, termasuk penyediaan alat dan bahan-bahan praktik untuk siswa. Mohon supaya semua program direncanakan dan dipersiapkan. dengan baik. Karena sekolah ini adalah milik bersama makanya mari kita bergerak bersama untuk kepentingan dan kemajuan sekolah di masa-masa mendatang,” kata Kepsek Ilham Syah yang low profil ini. (HM)