GOWA – Program Indonesia Pintar merupakan bantuan sosial berupa dana dalam bentuk simpanan pelajar yang diberikan kepada  peserta didik pada tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA yang orang tuanya tidak dan/atau kurang mampu membiayai pendidikannya. Sebagai bentuk evaluasi dari pemerintah terkait Program Indonesia Pintar, tersebut, BPKP Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan Evaluasi PIP Pendidikan Menengah Jenjang SMA dan SMK Tahun 2021-2022 Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wil.II Gowa, Firdaus,S.Pd.,M.Pd, diwakili oleh Kasubag Tata Usaha, Andi Tenri Umpu, SP.,MM, Kamis (2/6/2022) Tepat hari pertama menjalankan tugas pada Cabang Dinas Pendidikan Wil.II Gowa langsung diamanahkan oleh Kacabdis Pendidikan Wil. II untuk mengambil tugas pendampingan terhadap Tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan (BPKP) dengan lokasi uji petik pada dua sekolah yaitu UPT SMAN 1 Gowa dan UPT SMKN 2 Gowa. Dengan menghadirkan 2 orang tim evaluator BPKP Ketua, Marlinda Citra Dewi dan Anggota, Rahmadhianti Nur Fitria.

See also  Kader BM PAN Sulsel, Jabal Nur Siap Maju Pilkada Bantaeng

Ketua tim evaluator BPKP, Marlinda Citra Dewi menyampaikan bahwa kehadiran mereka adalah untuk melaksanakan evaluasi Program Indonesia Pintar. Mereka ingin melihat dan memastikan pelaksanaan PIP pada jenjang Pendidikan Menengah Tahun 2021-2022 telah sesuai dengan standar, rencana atau norma yang ditetapkan melalui pengujian terhadap ketepatan sasaran penerima PIP Jenjang Pendidikan Menengah, Pengujian terhadap pemanfaatan PIP, pengujian terhadap anak putus sekolah pada DAPODIK, pengujian terhadap pengembalian PIP tahun 2021 dan pengujian terhadap permasalahan dan hambatan program lainnya secara langsung di sekolah dan pada kediaman siswa penerima bantuan beasiswa PIP.

Sementara itu Kasubag Tata Usaha Cabdis Pendidikan Wil. II Gowa, Andi Tenri Umpu mengucapkan terimaksih kepada tim BPKP dan Pemerintah Prov.Sulawesi Selatan atas dukungannya terhadap siswa dari keluarga tidak mampu sehingga dapat melanjutkan pendidikannya,” ujar Andi Tenri Umpu saat berdiskusi dan berbincang bincang dengan Tim BPKP Sulawesi Selatan. Dan berharap agar sosialisasi PIP dilakukan secara rutin di sekolah sebagai salah satu upaya agar penyalurannya tepat sasaran.

See also  Bakpia Salapang, Produk Unggulan SMKN 9 Makassar semakin digemari

Pelaksanaan evaluasi PIP hari ke- 3 yang berlangsung selama 6 hari dari tanggal 30 Mei s.d 7 Juni 2022 berjalan dengan lancar. Tim evaluator melakukan wawancara secara langsung kepada pihak-pihak yang berkepentingan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah beserta staf, dan operator hingga peserta didik penerima bantuan Program Indonesia Pintar yang mengisi sampling penerima bantuan beasiswa PIP.