MAKASSAR-BANGKIT | Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) Nomor 08.131-08.132 Pangkalan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Makassar resmi dikukuhkan, Kamis (25/03/2021).

Pelantikan dan pengukuhan Majelis Pembimbing Gugus (Mabigus) serta pengurus Gudep Rutan Kelas I Makassar berlangsung di lapangan upacara Rutan dengan melibatkan petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang juga selaku anggota pramuka rutan Makassar.

Acara ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Makassar dan pelantikan oleh DR.H.Muhammad Ikbal Suhaeb,SE,ME selaku Ketua Kwarcab.

Dalam sambutannya ketua kwuarcab menyampaikan apresiasi atas pembentukan gerakan pramuka yang ada di Rutan kelas I Makassar dan berharap apa yang dilaksanakan dapat menjadi nilai tambah pembangunan karakter bagi para anggota dan pengurus.

See also  LSM Desak Kepsek dan Disdik SulSel Tolak Siswa Titipan PPDB

Sementara itu, Kepala rutan kelas I Makassar selaku ketua Mabigu Makassar menyampaikan jija kegiatan pramuka rutan Makassar sebagai salah satu alternatif dari progaram dan mengembalikan potensi bagi warga binanan sebelum kembali ke masayarakat.

“Melalui pembinanan kepribadian khususnya pramuka diharapkan dapat menjadi bekal bagi mereka dan kedepannya bagi para anggota gudep dapat menjadi manusia seutuhnya serta bisa berguna bagi masyarakat nantinya”Jelas Karutan Makassar.

Adapun yang dilantik yakni Kepala Rutan (Karutan) Makassar, Sulistiyadi selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan dan para pembina yang terdiri dari petugas dan pejabat rutan, anggota TNI, dan pihak lain yang membantu pembinaan Gerakan Pramuka di Rutan Kelas I Makassar.

See also  Proyek Pembangunan Pengendali Banjir Sungai Bila, Sidrap & Wajo Dilaporkan ke Kejati Sulsel

Dalam acara tersebut gerakan pramuka rutan Makassar juga menyajikan persembahan LKBB robo dance yang ditampilkan secara apik oleh anggota pramuka rutan Makassar yang juga merupakan warga binaan pemasyarakatan (WBP) rutan Makassar.

Berikut susunan pengurus Gudep Rutan Kelas I Makassar
Gugus Depan 08.131
1.Ketua Gugus Depan : Serma Muhammad Nur
2.Wakil Ketua Gugus Depan : Bambang Syarif, LG
3.Sekretaris : Sapri Wahyu
4.Bendahara : Yulil Amri

5.Satuan Pendega :
a. Pembina Pandega : Serma Muhammad Nur
b.Narasumber Ahli : Amir
c.Narasumber Ahli : Muhammad Iksan

6.Satuan Penegak
a.Pembina Ambalan Hasanudin : Serma Muhammad Nur
b.Pembantu Pembina Penegak :
Yulil Amri
Andi Chandra Mahardika

7.Dewan Kehormatan Gudep
a.Ketua : Darmansyah
b.Sekretaris : Resa Naphan
c.anggota : Yulil Amri

See also  PPDB Sulsel Bermasalah, Disdik Melakukan Perpanjangan Waktu Pendaftaran

8.Badan Pemeriksa Keuangan
a.Ketua : H.Mappe Kasi,LG,LS,LT
b.Anggota : Angga Satrya. (**)