MAKASSAR BANGKIT – Jakarta — Empat kandidat calon Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Periode 2022-2027 yang mengusung “pro perubahan” berkumpul dan menyatukan visi guna membesarkan organisasi serikat pekerja tertua di Indonesia tersebut.

Pemilihan ketua umum merupakan salah satu agenda penting dalam Kongres KSPSI ke-10 yang akan digelar di Jakarta pada 16-17 Pebruari 2022.

Empat kandidat tersebut terdiri dari dua Wakil Ketua Umum KSPSI Periode 2014-2019, yaitu Jumhur Hidayat (Mantan Kepala BNP2TKI) dan HM. Jusuf Rizal (Ketum Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia/FSPTSI). Kedua tokoh nasional tersebut dikenal sebagai aktivis kawakan dalam memperjuangkan nasib pekerja dan buruh.

Dua sosok lainnya adalah Dedi Sudarajat yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD KSPSI Provinsi Banten dan Ketum Federasi Serikat Pekerja KEP (Kimia, Energi dan Pertambangan). Kemudian Surya Batubara yang kini menjabat MPO DPP KSPSI Periode 2014-2019 dan Ketum FSPTI (Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia).

See also  Resmi Laporkan Indikasi Mark-up Proyek Jalan Beton Desa Tampina 2021 Ke Kejari Luwu Timur

Dalam pertemuan di Jakarta kemarin, para kandidat sepakat untuk bersatu membesarkan organisasi KSPSI ke depan, membangun organisasi yang demokratis, profesional, modern dan mandiri. Menegakkan konstitusi secara tegas, membuat berbagai program untuk Bina, Lindung dan Sejahtera para pekerja dan buruh.

Untuk membesarkan organisasi KSPSI yang dinilai saat ini kurang greget, keempat Calon Kandidat Caketum KSPSI Periode 2022-2027 sepakat untuk “Siap Menang dan Siap Kalah” dalam perebutan kursi panas Ketua Umum KSPSI sesuai mekanisme Kongres yang transparan dan adil.

Salah satu peserta dalam pertemuan tersebut, Hermansyah dari Federasi Serikat Farmasi dan Kesehatan (FARKES) kepada media menuturkan, pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka memperkuat soliditas dan komitmen diantara para kandidat menuju Kongres KSPSI ke-10.

See also  Kejari Ajak Siswa SMAN 3 Selayar "Kenali Hukum Jauhi Hukuman"

“Forum ini sekaligus menggalang dukungan dari para pemilik suara peserta kongres. Diharapkan Federasi, DPD dan DPC yang pro perubahan dapat bergabung menjadi bagian dalam proses demokrasi nanti,” tegas Hermansyah yang merupakan tokoh senior KSPSI.

Menyinggung tentang incumbent, Ketum KSPSI Periode 2014-2019, Yorrys Raweyai yang masih berambisi maju sebagai salah satu Caketum KSPSI Periode 2022-2027, menurut Hermansyah itu hak demokrasi dan sah.

“Biarkan para Calon Kandidat bertarung secara demokratis dan adil guna membawa organisasi KSPSI bangkit, maju dan jaya. Siapa pun yang terpilih diharapkan dapat memberikan pembinaan, perlindungan dan kesejahteraan para pekerja,” tegas Hermansyah