BATARAMEDIA.COM, KEPULAUAN SELAYAR – Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan, Rudy Bambang Wijanarko menyatakan kesiapannya untuk mendukung anggaran dalam menyukseskan penyelenggaraan Festival Taka Bonerate pada 23 – 28 Oktober 2022 yang akan datang didaratan Pulau Selayar dan Taman Nasional Laut Taka Bonerate. Kegiatan yang bertaraf nasional akan menargetkan kunjungan wisatawan sekitar 1.000 yang terdiri dari mancanegara dan domestik dengan estimasi transaksi Rp 1,7 miliar.

Estimasi target kunjungan dan transaksi ini terungkap saat Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sulsel melakukan audience dengan tim Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Selayar yang dikoordinatori oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H Saiful Arif, SH dengan didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya, Drs Hizbullah Kamaruddin dan Kepala Bidang Pemasaran, Sri Nurnaningsih di Kantor BI Sulsel lantai III Makassar, Selasa 31 Mei 2022 kemarin.

See also  LIPAN INDONESIA Siap Laporkan Sejumlah Proyek Pembangunan Di Kota Palopo Ke KPK

Rudy BW selaku Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sulsel dalam kesempatan itu mengemukakan,” BI siap mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Festival Taka Bonerate (FTB) yang menurut rencana akan diselenggarakan pada Oktober tahun ini. Hanya saja menurut Rudy, besaran anggarannya belum dapat ditentukan anggarannya karena masih butuh pendalaman akan tawaran proposalnya. Selain itu, pihak BI akan melakukan komunikasi dengan Bank lainnya yang kemungkinan akan siap berkontribusi disamping kami akan melakukan komunikasi positif dengan Pimpinan Pusat BI di Jakarta.” ungkapnya.

“Konsentrasi dan komitmen kami selaku pimpinan Bank Indonesia untuk mengembangkan perekonomian di Sulsel dan lebih khusus pada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara melalui Wisata Bahari Selayar masih tetap memiliki semangat yang tinggi.” katanya optimis.

Wabup Selayar, H Saiful Arif juga memaparkan rencana kegiatan dan estimasi anggaran pelaksanaan FTB Selayar dihadapan Direktur Bank Indonesia yang didampingi tiga Direktur BI Perwakilan Sulsel. Hadir juga salah seorang pejabat dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Al Teken, Kepala Bidang Pemasaran, Ahmad Yusran. Festival Taka Bonerate merupakan salah satu event wisata yang berskala nasional yang dinyatakan lolos bersama 4 event lainnya di Sulsel dalam seleksi yang cukup ketat oleh tim nasional.” papar Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Sulsel, Teken.

See also  Pimpinan Redaksi fajarinfo@online Gelar Buka Puasa Bersama PW.MOI dan MOI SulSel

Festival Taka Bonerate akan dilaksanakan pada Oktober 2022 yang dipusatkan didaratan Selayar dan Taman Nasional Laut Taka Bonerate selama 6 (enam) hari yaitu dari 23 sampai 28 Oktober dengan target kunjungan 1.000 orang wisatawan. Disamping itu, adapun target nilai transaksi senilai Rp 1,7 miliar pada aspek akomodasi, transportasi, atraksi seni dan budaya, kuliner, souvinir, diving, snorkling dan Land Tour yang diharapkan akan berdampak positif pada ekonomi, sosial budaya dan lingkungan.” ungkap Wabup Kepulauan Selayar.

Rangkaian kegiatan nanti akan dikemas dalam lima (5) komponen yang meliputi, Selayar Selaut Sebangsa yang mencakup Selayar Fhising Compotition, Selayar Expo, Lomba Sampan Tradisional, Lomba Tarik Tambang atas perahu, Lomba Permainan Rakyat dan Festival Bajo. Kemudian Wonderful Selayar yang terdiri dari pementasan seni budaya lintas kabupaten/kota se Sulsel, Tarian massal, Gala Diner dan Panggung Hiburan.

See also  Server Error, Panitia PPDB Disdik Sulsel Diminta Dievaluasi

Eksplorasi Taka Bonerate, Sail dan Sale Selayar serta Tourism Photografhi akan turut meramaikan pada penyelenggaran Festival Taka Bonerate nanti.” pungkasnya seraya menambahkan akan siap melengkapi data dan informasi pendukung sebagai bahan koordinasi dengan BI Pusat. (M. Daeng Siudjung Nyulle)