Asrenum Panglima TNI : Pembangunan Kekuatan dan Postur TNI Tidak Terlepas dari Perubahan Peraturan Perundang-Undangan

Jakarta, Makassar-Bangkit | Pembangunan kekuatan dan postur TNI tidak terlepas dari pengaruh adanya perubahan peraturan perundang-undangan, perubahan doktrin, kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tuntutan kemampuan TNI baik secara militer maupun nirmiliter, hal tersebut menuntut penyempurnaan organisasi TNI secara dinamis guna meningkatkan efektivitas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi TNI.

Hal tersebut disampaikan Asrenum Panglima TNI Laksda TNI Hery Puranto, S.E., M.M. saat membuka Rapat Organisasi TNI Tahun 2023, bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (30/05/2023).

Asrenum Panglima TNI menjelaskan bahwa penyempurnaan organisasi di lingkungan TNI dirasakan belum optimal karena tata kelola dan validasi organisasi yang dilakukan cenderung untuk menambah kotak jabatan, meningkatkan status jabatan dan kepangkatan, overlapping tugas dan fungsi organisasi dengan organisasi lain yang sudah ada dan berdampak pada akuntabilitas kinerja, penambahan anggaran belanja pegawai yang berlebih dan pencapaian tugas yang kurang maksimal dan efektif.

See also  Membahayakan Warga, L-Kontak Soroti Pembangunan Jargas Wajo

“Melalui dasar pemikiran tersebut, saya mengajak para peserta Rakor Organisasi TNI TA 2023 untuk mengkaji lebih mendalam tentang organisasi TNI, yang kita kenal sebagai organisasi yang besar, solid, mengemban tupok yang mulia,” ujarnya.

Lebih lanjut Laksda TNI Hery Puranto menuturkan, guna mewujudkan tata kelola organisasi TNI yang tertib, efektif dan efisien dalam menunjang tugas pokok dan fungsi TNI maka diperlukan perencanaan pembangunan organisasi di lingkungan Mabes TNI dan Mabes Angkatan dengan pemahaman persepsi yang sama dan selaras. Atas dasar tersebut di atas maka perlu diselenggarakan rapat koordinasi bidang organisasi tni yang pada tahun 2023 ini mengambil tema “Terwujudnya Keselarasan Penataan Organisasi Dalam Kerangka Harmonisasi Postur Organisasi TNI Guna Mendukung Tugas Pokok Dan Fungsi TNI”.

See also  Adnan Ajak Masyarakat Menjaga Seluruh Fasilitas RTH Syekh Yusuf Gowa

“Besar harapan kita bahwa hasil Rakor Organisasi TNI tahun 2023 ini dapat merumuskan rencana aksi dalam tata kelola organisasi TNI dalam penyusunan usulan validasi organisasi di lingkungan TNI, serta digunakan sebagai bahan masukan kepada pimpinan dan instansi yang terkait dalam penentuan kebijakan berkaitan dengan organisasi sebagai pendukung pembangunan kekuatan TNI guna mendukung tugas pokok TNI,” kata Laksda TNI Hery Puranto. (**)

 

Autentikasi :
Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Aidil